sekilas tentang mikrokontroler

6 Agustus 2008

memang saya baru mengenal yang namanya mikrokontroler, dan masih dalam tahap pembelajaran mengenai benda yang satu ini.....namun disini, saya mau meng-share-kan apa yang saya ketahui ke temen-temen mengenai mikrokontroler itu sendiri, mungkin pertama-tama mengenai pengertiannya aja kali yah...???


oke langsung aja, mikrokontroler adalah sebuah chip yang didalamnya memiliki sebuah sistem komputer lengkap, apa itu sistem komputer lengkap???? sistem komputer lengkap adalah suatu sistem yang terdiri dari mikroprosesor,ROM,RAM, I/O,dan clock.

lho...lantas perbedaan antara mikrokontroler dengan mikroprosesor opo???
perbedaannya ialah untuk melakukan suatu pekerjaan, mikrokontroler tidak memerlukan RAM,dan ROM tambahan lagi, karena sudah terintegrated didalam chipnya tersebut.

berbeda dengan mikroprosesor, mikroprosesor tidak dapat bekerja tanpa adanya RAM dan ROM, oleh karena itu kita harus menambahkannya terlebih dahulu.

akhir-akhir ini, penggunaan dari mikrokontroler semakin banyak diminati, hal ini disebabkan karena banyaknya fitur yang dimilikinya, seperti timer,PWM,SPI,UART,TWI,ADC,dan masih banyak lagi. mengenai fitur yang dimiliki oleh suatu mikrokontroler tergantung dari perusahaan apa yang membuatnya.

berikut ini adalah beberapa contoh dari keluarga mikrokontroler:
> keluarga MCS-48 (intel)
> keluarga MCS-51 (intel)
> keluarga AT90, ATtiny, ATmega (atmel, arsitektur AVR)
> keluarga MC68HC11 (motorola)
dan masih banyak contoh yang lainnya....

I think ini cukup, sebab inilah yang baru saya pahami, untuk selanjutnya mungkin temen dapat mencoba memahaminya sendiri

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.